BNI Gelar Retret Kaum Muda Di Bukit Doa Mahawu

Peserta Retreat BNI di Bukit Doa Mahawu Tomohon (1)

Ketua Bapekris BNI Wilayah Manado, Andreas Ginting mengatakan, pelaksanaan retret ini yang dilaksanakan dalam rangka Program BNI Berbagi Kasih sebagai program corporate social responsibility (CSR), guna meningkatkan iman kaum muda Kristiani.
Berita Terkait
Manado, 14/12(ANTARA) - Bank BNI melaksanakan retret atau pendalaman iman kaum muda/remaja Kristiani pada Masa Adven atau masa penantian Kelahiran Yesus Kristus, Natal 25 Desember berlangsung di Bukit Doa Mahawu, Kota Tomohon tanggal 10-11 Desember lalu.

Ketua Bapekris BNI Wilayah Manado, Andreas Ginting mengatakan, pelaksanaan retret ini yang dilaksanakan dalam rangka Program BNI Berbagi Kasih sebagai program corporate social responsibility (CSR), guna meningkatkan iman kaum muda Kristiani sehingga rayakan Natal dengan penuh suka cita iman.

Retreat Kaum Muda Kristen BNI 2011 diikuti 100 kaum muda ini, merupakan wujud kepedulian BNI sebagai bank yang peduli dengan peningkatan mutu keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, membina hubungan baik dan meningkatkan kepedulian di lingkungan umat Kristiani, gereja dan masyarakat pada umumnya.

Pendeta Patricia Silvia Sambow, STh dalam khotbahnya di Kapel Bukit Doa Mahawu mengatakan, tanggung jawab generasi muda  memberi diri seutuhnya dengan tidak terpengaruh pada perkembangan jaman makin modern dengan banyak godaan duniawi yang menuntun kaum muda untuk mencoba melakukan tindakan berdosa seperti sex bebas, narkoba,  hanya memikirkan kesenangan sesaat tetapi menuju kebinasaan.

"Jadi pergunakan masa muda, takutlah kepada Tuhan, maka setiap tindakan dan permintaan kita akan d kabulkan Tuhan bahkan mungkin lebih dari apa yang kita kira, karena Tuhan beserta kita," kata Pdt Patricia dalam renungannya.

Ibadah retret ini semakin khusuk karena tampilan menawan dan apik Vocal Group terkenal di daerah ini, Nazareth.

Seusai ibadah bersama, kaum muda ditantang membangun kebersamaan  melalui berbagai jenis permainan atau game yang menantang setiap pribadi mampu bekerja sama dan saling mengenal lebih dekat satu dengan yang lain.

Guna semakin menghadirkan kebersamaan dengan Maha Pencipta secara nyata maka ditayangkan  film yang berjudul ”Letter to God” yang mengisahkan tentang seorang anak kecil yang menaruh harapan pada Tuhan dengan bersandar iman harap dan kasih dan membiarkan Tuhan beracara dalam kehidupan anak tersebut.
Sekretaris Departemen Kemitraan dan Oikumene Sinode GMIM, Pdt Hendry Runtuwene, memaparkan peran kaum muda kristen masa kini yakni selalu menaruh iman, harap, dan kasih dan menjauhi larangan-Nya.

Seorang muda harus mampu mempertahankan kesuciannya. Pada masa sekarang ini kata kesucian  menjadi sesuatu hal yang mahal begitu berat dipertahankan,  karena itu  pembekalan iman dan mental kristiani dengan tema kesucian hidup anak-anak muda kristen perlu dibina.

Ferlansius Pangalils, SH, MH, pemateri agama Katolik tak lupa membekali 100 iman 100 kaum muda Kristiani tersebut sehingga mampu hidup sebagaimana orang Kristen yang sebenarnya.

Puncak acara retreat diakhir dengan ibadah dipimpin Pdt Eva Lumingkewas, STh untuk pembimbing retreat Kristen Protestan dan Frater Yudi Parerungan untuk kaum muda yang beragama  Katolik.

Inti dari ibadah ini bagaimana kaum muda bisa merasakan kehadiran Tuhan dan lewat doa dan puji-pujian penyembahan Tuhan melawati anaknya dan kemudian mereka mampu intropeksi diri.

Para peserta kemudian diajak belajar introspeksi diri dengan menuliskan harapan dan kesalahan yang pernah dilakukan dan dengan harapan untuk mengubah kehidupan menjadi lebih baik ke depan ditulis pada secarik kertas kemudian dibakar pada acara api unggun.

Dikutip dari 1 Timotius 4:12 berkata ”Janganlah seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi oran-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam  kesetiaanmu dan dalam kesucianmu” kata Ketua Panitia Sandy Lelangboto pada penutupan Retret Kaum Muda Kristen BNI 2011.

Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar