Bitung, (Antara Sulut) - Kawasan Minapolitan Kota Bitung akan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah dimana sumber penghasilan daerah tersebut didasari Kelautan, Pertanian dan Perkebunan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Bitung, Hengky Wowor, di Bitung, Selasa mengatakan, ketika arah pembangunan sudah terarah dengan Bitung telah menjadi kawasan minapolitan, secara otomatis ekonomi akan berkembang.

"Dengan demikian sumber daya alam yang pengelolaannya dilakukan oleh warga Lembeh pasti akan berjalan seiiring percepatan pembangunan daerah itu," kata Wowor.

Wowor mengatakan, percepatan ekonomi riil diantaranya pembangunan seperti jalan lingkar lembeh.

"Jalan lingkar lembeh sebagai salah satu penunjang dengan adanya kawasan minapolitan," ujarnya.

Selain itu juga kata Wowor, kawasan minapolitan ini akan membantu kelompok-kelompok bududaya perikanan.

Tak hanya itu lanjut Wowor, pariwisata dan wisata bahari yang terdapat diperairan selat Lembeh akan makin dijangkau dan bukan mustahil ada investor lebih banyak menanamkan sahamnya melalui dunia tersebut.

"Pengembangan investasi di Lembeh akan semakin baik ketika pembangunan infrastruktur yang diwujudkan melalui kawasan minapolitan nyata," katanya.

Saat ini kata Wowor, sudah ada koperasi cakalang lestari yang dikembangkan dari minapolitan maupun koperasi binaan PT Deho.

"Hal inilah bukti dengan telah ditetapkan Bitung sebagai kawasan minapolitan, memberikan peluang untuk masyarakat baik nelayan dan petani tingkat ekonominya semakin baik," demikian Wowor.
(guntur/@antarasulutcom)

Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar