Manado, 5/7 (Antara) - Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sinyo H Sarundajang mengajak investor Cina ikut serta pada tender sejumlah mega proyek pembangunan infrastruktur yang akan dibangun di daerah ini.
"Harapan gubernur telah disampaikan pada saat memenuhi undangan Duta Besar Cina untuk Indonesia Liu Jianhao di Mega Kuningan Jakarta dua hari lalu. Kesempatan ini dimanfaatkan gubernur menjelaskan peluang investasi pembangunan infrastuktur di Sulut," kata Kepala Bidang Kerjasama Luar Negeri Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah, Franky Manumpil di Manado, Senin.
Manumpil sebagaimana mengutip penjelasan gubernur mengatakan, upaya yang dilakukan pemerintah provinsi ini merupakan komitmen pemerintah daerah mendukung penuh program Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia(MP3EI) khusus koridor Sulawesi, agar masuk dalam skema pendanaan pembangunan kerjasama pemerintah dan swasta.
Beberapa mega proyek infrastruktur yang ditawarkan adalah pembangunan jalan tol Manado-Bitung, pengembangan Bitung Hub Port, perluasan airport Sam Ratulangi, pembangunan Infrastruktur Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Merah serta infrastruktur penunjang pariwisata.
Selain itu, ke depan pengembangan pelabuhan kontainer di Bitung akan ditingkatkan dari 200 ribu kontainer menjadi 400 ribu kontainer.
Dia mengatakan, presentasi gubernur mendapat repson positif duta besar Liu Jianhao, dan optimistis dengan tawaran tersebut.
"Pemerintah Cina yakin kerjasama investasi dengan Sulut sangat strategis dan pasti akan menguntungkan kedua pihak," katanya.
Gubernur dalam pertemuan dengan dubes Cina didampingi Bupati Minahasa Utara Sompie Singal, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Suprianda Ruru, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sanny Parengkuan, Kepala Bappeda Roy Roring, Kadis ESDM Boy Tamon, Kadis Kelautan dan Perikanan Ronald Sorongan, Kadis Pekerjaan Umum Eddy Kenap, Kepala Badan Lingkungan Hidup Adri Manengkey serta Direktur KAPET Manado-Bitung, Noldy Tuerah.
Sementara dari dubes Cina untuk Indonesia didampingi pengusaha-pengusaha yang bergerak di bidang pertambangan, infrastruktur dan perikanan.



(T.KR-KAP/B/M031/M031) 05-08-2013 17:34:30

Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar