PMI Manado berhasil kumpulkan 389 kantong darah

Manado, (Antara Sulut) - Palang Merah Indonesia (PMI) Manado, berhasil mengumpulkan darah sebanyak 389 kantor melalui aksi donor darah yang diikuti para pejabat dilingkungan Pemkot Manado dan masyarakat, Kamis pagi hingga petang di alun-alun Lapangan Tikala, Manado.

"Hari ini menjadi momentum kegerakan massal peduli pada kebutuhan darah," kata Ketua PMI Manado, Paula Lumentut-Runtuwene.

Runtuwene mengatakan, saat ini kebutuhan darah sangat tinggi, tetapi ketersediaan terbatas, karena itu PMI terus mengajak seluruh warga ikut peduli.

Menurut Runtuwene, PMI Manado menargetkan mengumpulkan 389 kantong darah, menyesuaikan dengan perayaan HUT ke 389 Kota Manado, pada 14 Juli nanti, serta peringatan hari donor darah sedunia, yang jatuh Kamis 14 Juni.

"Motto kita adalah,  donor darah itu sehat, amal dan gaul, jadi bukan hanya orang tua saja yang mau tetapi yang muda harus mau juga," kata Runtuwene.

Ia mengatakan, setetes darah itu sangat berarti bagi siapapun yang membutuhkan, apalagi darah tak bisa dibuat dengan teknologi apapun, sehingga sangat berharga.

Wakil Wali Kota Manado Harley mangindaan mengatakan, kegiatan donor darah di lapangan Tikala ini, sebagai bentuk kepedulian bagi yang membutuhkan.

"Dengan motto donor darah itu sehat, amal dan gaul bisa menjadi motivasi bagi seluruh warga Manado untuk melakukan hal ini sebagai bentuk kepedulian bagi sesama," kata Mangindaan.

Dalam donor darah tersebut para pejabat eselon II pada Pemerintah Kota Manado, ikut menjadi pendonor serta para pegawai dan masyarakat umum.
(guntur/@antarasulutcom/T.KR-JHB/C/M031/M031) 14-06-2012 15:23:35