Subsidi pertanian perlu untuk peningkatan produksi beras

Manado, 22/10 (Antara Sulut) - Pemerintah perlu terus melakukan subsidi di bidang pertanian dalam upaya meningkatkan produksi beras petani.

Anggota Komisi II DPRD Sulawesi Utara (Sulut) Teddy Kumaat di Manado Senin, mengatakan, peningkatan subsidi pada sektor pertanian perlu terus dilakukan.

"Dengan subsidi ini akan meningkatkan produksi beras untuk memenuhi permintaan masyarakat akan komoditi tersebut," kata Kumaat.

Teddy Kumaat mengatakan subsidi tersebut seperti untuk pupuk maupun jenis padi unggul yang dibutuhkan petani dalam pengembangan pertanian.

"Subsidi tersebut saat ini sudah dilakukan pemerintah termasuk Pemerintah Provinsi Sulut, dan diharapkan terus dilakukan," katanya.

Menurut Kumaat, komsumsi beras di Indonesia merupakan paling tinggi di dunia.

Hal ini disebabkan antara lain, jumlah penduduk yang banyak serta banyak masyarakat adat di daerah-daerah sudah meninggalkan makanan pokok mereka.

Padahal makanan pokok yang dimiliki beragam seperti sagu dan ubi.

Saat ini banyak masyarakat yang telah meninggalkannya dan beralih makanan pokoknya kepada beras.

"Kondisi ini membuat kelihatannya produksi beras kita tidak seimbang dengan komsumsi," katanya.

Untuk itu dalam memenuhi kebutuhan itu antara lain perlu adanya peningkatan produksi beras serta sosialisasi bahwa makanan pokok itu bukan beras semata-mata tetapi juga lainnya.

Dalam pelaksanaanya perlu adanya kreativitas masyarakat ketika membuatnya atau mengekamasnya supaya bahan makanan pokok lainnya lebih menarik untuk dikomsumsi. @antarasulut.com